Rabu, 23 Agustus 2017

21 Manfaat dan Khasiat Sambiloto Bagi Kesehatan Tubuh

Tags

Sambiloto merupakan tumbuhan perdu yang memiliki beberapa manfaat. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Andrographis Paniculata.

HPAI herbal
Daun Sambiloto

Tanaman ini hidup didaerah yang memiliki curah hujan yang tinggi dan lembab. Sambiloto bisa hidup pada daerah dengan ketinggian 1700 mdpl.

Tanaman ini sangat mudah kita temukan di sekitar kita baik di kebun, pinggiran sungai maupun di hutan. Sambiloto dikenal sebagai tanaman obat asia dimana ditemukan di negara China, Vietnam, Singapura, termasuk Indonesia.

Daun ini memiliki rasa pahit dan getir karena memiliki kandunagn senyawa flavonoid,, alkaloid, dan saponin. Selain itu ternyata sambiloto juga memiliki kandungan laktone, panikulin, dan kalmegin yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bagusnya tanaman ini bisa dimanfaatkan dari daun sampai akar-akarnya untuk dijadikan jamu maupun obat. Menurut penelitian tanaman sambiloto juga dijadikan sebagai salah satu bahan obat AIDS dan Kanker.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat dari daun sambiloto yang kita rangkum. Dan apa saja penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun ini antara lain:

1. Typhus Abdominalis
2. Disentri Basiler
3. Flu
4. Sakit kepala
5. Panas
6. Radang paru
7. Radang saluran pernafasan
8. TBC Paru
9. Batuk rejan
10. Darah tinggi
11. Infeksi mulut
12. Tonsillitis
13. Pharyngitis
14. Kencing manis
15. Kudis
16. Kencing nanah
17. Kanker
18. Infeksi telinga
19. Luka bakar
20. Kurang nafsu makan
21. Digigit serangga dan ular berbisa

Cara Membuat obat dari daun sambiloto salah satunya adalah :
Ambil daun sambiloto 15-20 lembar, cuci bersih dengan air mengalir. Rebus dengan 3 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas. Saring air dari daunnya dan dinginkan, setelah itu diminum sehari 2 kali.


Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan (SARA)
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon